Senin, 26 April 2010

semedi

Semedi merupakan istilah untuk kegiatan rutin saya kalau harus bener-bener fokus mendesain. Kadang bisa sampai seharian tidak keluar rumah. Kegiatan ini biasa saya dilakukan didalam kamar saya yang sudah beberapa minggu ini berantakan bagai gudang..hahaha..Dan ga tahu kenapa suasana kamar yang sangat berantakan tersebut malah kadang membuat semangat buat mendesain.

Semedi terakhir kemarin saya lakukan berkenaan dengan desain TIC [tourist information centre] kawasan candi prambanan yang beberapa waktu lalu kami [cruzindo team] survey. Pada awalnya desain dikerjakan oleh salah satu pentolan cruzindo, tapi mungkin karena tingkat kesulitan, kesehatan beliau dan waktu yang mendesak, akhirnya desain dilimpahkan kepada saya [semoga saya makin terbiasa jadi pahlawan...whahaha...].

Desain mulai saya kerjakan pada minggu dini hari [kebetulan sabtu malamnya saya menghabiskan waktu bersama seseorang spesial, jadi seperti ada semangat yang benar-benar mendorong jiwa saya saat itu...hahaha...*tuing-tuing]. Awal-awal kegiatan desain, biasanya saya mulai dengan membuat layout ruangan [corat-coret dikertas, kadang langsung ke autocad]. Setelah layout fix, saya biasanya langsung buka program 3dsMax dan mengimport file .dwg layout tersebut.

file cad layout TIC

import .dwg ke 3dsMax

Melalui program 3dsMax ini saya mulai membuat geometri-geometri sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk desain yang saya inginkan. Mulai dari line, refine, extrude, hingga booelan. 

 snapshot 3dsMax desain saya

Selanjutnya seperti langkah-langkah saya biasanya, saya memberikan material ke obyek-obyek desain saya tersebut. Tidak lupa memodif UVW mapping agar hasil material sesuai dengan yang kita inginkan.

Langkah terakhir adalah merender hasil desain kita dengan engine v-ray...memang cukup lama prosesnya, tapi hasilnya pasti memuaskan hati...Kapan-kapan saya upload hasil dari semedi saya kemarin....hehehe...salam hangat...^^

 snapshot render

Tidak ada komentar:

Posting Komentar